VLAN

APA ITU VLAN 

A.PENGERTIAN VLAN

Virtual local Network ( VLAN ) adalah suatu model jaringan yg tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN.Hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasikan secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan.Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan  sangat menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yg bergantung pada organisasi atau departemen,tanpa bergantung pada lokasi worksation.


B.CARA KERJA VLAN

VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode yg di gunakan untuk mengklasifikasinya.Baik menggunakan port,dan mac adress.Semua informasi yg mengandung pengalamatan atau penandaan suatau VLAN (tagging ) di simpan dalam suatu database  (tabel).Jika penandaanya berdasarkan port yg digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yg digunakan oleh VLAN,untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch atau bridge atau yg bisa diatur.Switch atau bridge bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dapat dipastikan semua switch memiliki informasi yg sama.Switch akan menentukan data-data yg akan diteruskan atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan yg berfungsi mencatat atau menandai suatu VLAN beserta workstation yg didalamnya. untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.

C.TIPE-TIPE VLAN

1.Berdasarkan port
   port yg digunakan oleh VLAN contoh pada bridge atau switch dengan 4 port,1,2 dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2.

2.Berdasarkan mac adress
     VLAN berdasarkan pada mac adress dari setiap worksation atau komputer yg dimiliki oleh user.Switch mendeteksi atau mencatat semua mac adress yg dimiliki noleh VLAN. Mac adress merupakan suatu bagian yg dimiliki oleh NIC (Network Interface Card ).Kelebihannya apabila user berpindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota VLAN.Kekurangannya setiap mesin harus dikonfigurasikan secara manual untuk jaringan yg memiliki ratusan worksation maka tipe ini kurang efisien untuk dilakukan.

3.Berdasarkan tipe protokol
     yaitu tabel protokol dan LAN
            Protokol      IP        IPX
              VLAN        1        2
                                 
4.Berdasarkan alamat subnet IP
    subnet IP pada jaringan juga digunakan untuk mengklasifikasikan suatu VLAN.

5.  Berdasarkan aplikasi atau kombinasi LAN
       Yaitu berdasarkan aplikasi yg dijalankan atau kombinasi senua tipe diatas di terapkan pada suatu jaringan.


 a.Perbedaan antara LAN dan VLAN
       Adalah bentuk jaringan dengan model Local Area Network sangat bergantung pada letak  atau fisik dari  workstation,serta penggunaan hub dan repeater sebagai perangkat jaringan yg memiliki beberapa kelemahan.

b.Kelebihan VLAN
        Bahwa tiap workstation atau user yg tergabung dalam satu VLAN dapat tetap saling terhubung walaupun terpisah secara fisik.

c.Perbandingan VLAN dan LAN 
      LAN memungkinkan komputer terhubung dan dapat bertukar data.
      VLAN menyebabkan port switch diterapkan menjadi milik suatu VLAN ,oleh karena itu dalam satu segmen port yg bernaung di bawah VLAN dapat saling berkomunikasi langsung.

 d.Perbandingan tingkat efisiensi
 - meningkatkan performa jaringan
 -terlepas dari topologi secara fisik
  -mengembangkan management jaringan
     

   sumber dari:https://dedenthea.wordpress.com/2007/02/07/apa-itu-vlan-virtual-local-area-network/


    
       

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERMASALAHAN VLAN

Sahabat Fillah

HUB MANAGEABLE DAN UNMANAGEABLE