PERMASALAHAN VLAN

PERMASALAHAN VLAN

Setelah membangun sebuah jaringan LAN,MAN ataub yang lainnya pasti tidak luput dari permasalahan yang sering muncul dan kebanyakan kita mengalaminya.Namun permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara yang mudah asalkan kita tahu kerusakan apa yang sedang terjadi pada jaringan yang kita bangun.

A.Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan
Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) ruksak.Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.Dalam jaringan LAN permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down.
 Down dapat diartikan turun atau tidak dapat bekerja.Down pada jaringan LAN disebabkan system dalam jaringan tidak berfungsinya peralatan maupun komponen dalam jaringan LAN.Down dalam jaringan LAN lebih mudah diatasi karena kita dapat mendeteksi melalui indikator-indikator yang kita lihat.Indikator tersebut memberikan isarat jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsinya komponen.Indikasi kerusakan dapat diuraikan sebagai berikut :

1.Kerusakan pada kabel dan konektor jaringan
kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lainnya atau dengan peralatan yang digunakan untuk membentuk jaringan.Kabel konektor jaringan LAN ada 3 jenis yaitu :

a.Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan
b.Gangguan kerusakan pada kabel jenis UTP dengan konektor RJ 45 karena konektor tidak terpasang dengan baik (longgar) atau susunan pengkabelan yang salah dan putus.Jaringan yang menggunakan kabel UTP kesalahannya relatif sedikit karena menggunakan topologi star yang terpasang secara paralel dengan menggunakan switch atau hub.
c.Jenis kabel coaxial memiliki akses yang lambat dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar.

2.Kerusakan pada Hub atau Switch
apabila  lampun indikator power  hub atau switch mati berarti kemungkinan besar hub ruksak.Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif atau ada gangguan pada komputer tersebut.

3.Tidak bisa sharing data
hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada computer masih disable.Selain itu sedang terjadi hang pada komputer yang harus ditempuh adalah merestar komputer.

4.Komputer tidak terdeteksi oleh komputer lain
hal ini sering terjadi dikarenakan alamat IP yang kosong lalu ganti alamat IP adress sehingga bisa terdeteksi oleh komputer lain.

5.Tidak muncul local area network
hal ini mungkin kita lupa untuk menginstal driver network adafter.Jadi yang harus dilakukan adalah menginstal driver network adafter.

6.Icon local area connection tidak berkedip biru
hal ini sering terjadi karena memasang conector kurang tepat.Jika belum coba konekan lampu indikator pada hub yang menyala.

7.Lambatnya jaringan dan bagaimana memperbaikinya
hal ini biasanaya disebabkan oleh congestion jaringan dimana traffic data melebihi dari kapasitas bandwith yang ada.
Performa LAN juga bisa diperbaiki dengan menggunakan link bandbone gigabit dan switch yang performa tinggi.

8.Kerusakan jaringan karena serangan torjan virus
virus biasanya menyerang adananya kelemahan system yang sudah diketahui dan windows update akan melakukan patch vulneralbility sehingga kemungkinan menjaga serangan terhadap lobang kelemahan system.

9.Sering lambat jaringan waktu proses authenticon
hal ini akibat dari masalah bottle neck saat komunikasi interlink lewat koneksi WAN link yang menjurus lambatnya system.Dengan mengenable universal group membership chaching disetiap cabang dan akan menyelesaikan masalah jaringan jenis ini.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sahabat Fillah

HUB MANAGEABLE DAN UNMANAGEABLE