HUB MANAGEABLE DAN UNMANAGEABLE

HUB MANAGEABLE DAN UNMANAGEABLE

A.Pengertian Switch

Switch adalah komponen jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer  yang mempunyai kebutuhan bandwith yang besar.Switch memberikan unjuk kerja yang jauh lebih baik dari pada HUB dengan harga yang sama atau sedikit mahal.Pada saat  sinyal memasuki suatu port di switch, switch melihat alamat tujuan dari frame secara internal membangun sebuah koneksi logika dengan port yang terkoneksi ke node tujuan.Port-port lain di switch tidak mengambil bagian di dalam koneksi.Hasilnya adalah setiap port di switch berkorespodensi ke suatu collision domain tersendiri sehingga kemacetan jaringan terhindari.
Jadi,jika suatu ethernet switch 10 Mbps mempunyai 10 port,maka setiap port secara efektif mendapatkan total bandwith 10 Mbps sehingga port switch memberikan suatu koneksi yang di dedicated ke node tujuan.
Hasil gambar untuk gambar switch
Switch terbagi dalam dua tipe utama yaitu switch layer2 dan switch layer3.Switch layer-2 beroperasi pada layar data-link model OSI dengan berdasarkan pada alamat MAC.Switch layer2 dapat digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja.Switch layer3 beroperasi pada layer3 dan model OSI dasar teknologi routing.Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan.Switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda di dalam suatu internet nertwork.


1.Switch Manageable

Switch Manageable adalah switch dengan harga tinggi yang dapat terkonfigurasi karena memiliki sistem operasi di dalamnya.Pioneer untuk switch Manageable adalah device denagn merk'cisco'. Switch Manageable dibuat untuk meningkatkan keamanan jaringan lokal dan biasa dipakai pada perusahaan elite.Switch Manageable dapat juga dikelompokan menjadi device yang bekerja pada layer3 OSI model paket data semakin sedikit karena kapasitas memory yang bisa menampung paket menjadi lebih banyak sehingga lalu lintas komunikasi data semakin lancar .Akibatnya switch semakin cepat dalam melakukan processing data.

a.Fungsi Switch Manageable

Menggabungkan beberapa segmen atau kelompok LAN.Switch bekerja di layer2 pada model referensi OSI.Device ini memiliki kemampuan lebih di banding dengan repeater atau hub.Tidak hanya menghubungkan antar jaringan LAN tetapi juga mampu mengatasi masalah collision yang dihadapi oleh device hub atau repeater serta mampu membuat LAN.

b.Kelebihan

-Mendukung penyempitan broadcast jaringan dengan VLAN

-Pengaturan access user dengan acces list

-Membuat keamanan network lebih terjamin

-Bisa melakukan pengaturan port yang ada 

-Mudah dalam monitoring traffick dan maintemence network karena dapat diakses tanpa harus berada di dekat switch

B.Switch Unmanageable

Switch Unmanageable adalah switch yang tidak di manage atau tidak di konfigurasi.
Pada saat kita membelinya colok semua kabel UTP ke switch tersebut.Berfungsi dengan baik switch tersebut siap dipakai tinggal pasang dan bisa  digunakan tanpa perlu setting.

unmanageable
Kita tidak akan bisa melakukan troubleshooting dengan mudah karena switch nya tidak bisa diapa-apakan.Problem yang paling sering terjadi diantaranya IP adress conflict, tidak bisa konek dll.
Apabila jaringan sudah mulai tersebar di berbagai area,akan sulit melakukan troubbleshooting computer mana yang menyebabkan masalah tersebut.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERMASALAHAN VLAN

Sahabat Fillah