DHCP SERVER

DHCP SERVER

DHCP SERVER

DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya.Komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP client. Fungsi DHCP adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.


A.PENGERTIAN DHCP

DHCP adalah (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual.
Dalam jaringan,server merupakan komputer yang tugasnya melayani setiap komputer atau host yang tergabung dalam satu jaringan.

B.TAHAPAN -TAHAPAN DHCP MEMBERIKAN IP ADRESS KEPADA CLIENT

  1. IP LEAST REQUEST,pada tahap ini client akan mencari DHCP server yang sedang bekerja,apabila server tersebut telah ditemukan maka client akan lamgsung meminta IP Adress kepada DHCP server.
  2. IP LEAST OFFER,tahap ini DHCP server menjawab permintaan dari client dan memberikannya penawaran IP Adress.DHCP memberikan nomor IP Adress dengan mengambilnya dari database DHCP server
  3. IP LEASE SELECTION,tahap ini client memilih nomor IP Adress yang ditawarkan oleh DHCP server,lalu client memberikan pesan untuk permintaan konfirmasi kepada DHCP server
  4. IP LEASE ACKNOWLEDGE,tahap ini DHCP server memberikan jawaban dari pesan yang dikirimkan client berupa pengkomfirmasian nomor IP Adress dengan informasi lainnya.

C.FUNGSI DHCP

(Dynamic Host Configuration Protocol) adalah untuk mendistribusikan IP Adress secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer dan memberikan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan.

DHCP ialah protokol yang berbasis arsitektur client atau server.Berikut dibawah ini pengertian dari client dan server

  • DHCP CLIENT merupakan mesin client yang menjalankan perangkat lunak client DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP server.Sebagian besar sistem operasi client jaringan windows NT workstation,windows 2000 profesional atau GNU (linux yang memiliki perangkat lunak.
  • DHCP SERVR merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat menyewakan alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua client yang memintanya.Beberapa sistem operasi jaringan seperti windows NT server,windows 2000 server dan GNU ( linux yang memberikan layanan).




Comments

Popular posts from this blog

PERMASALAHAN VLAN

Sahabat Fillah

HUB MANAGEABLE DAN UNMANAGEABLE